Selasa, 23 April 2013

SEMUA MEDIA BAIK CETAK MAUPUN ELEKTRONIK BERLOMBA UNTUK MEMBUAT WEB, WHY???


Prospek Bisnis Media Online Lebih Menjanjikan daripada Media Cetak.

Trend dunia informasi sekarang ini sudah beralih kedunia elektronik, dan sedikit demi sedikit meninggalkan cetak.. Mengapa??

Sedikit saya jelaskan gambaran secara umumnya.

Sekarang ini, perhatian orang memang banyak tertuju ke berbagai media.. baik cetak maupun elektronik (yang salah satunya adalah media online)

Tapi Perlu di ketahui sebelumnya dalam penggarapan media cetak, hal-hal yang harus kita perhatikan adalah :
  1. Membuat sesuatu yang menarik untuk dibaca. Bagaimana mengetahui kalau sesuatu itu menarik, yaitu dengan penelitian melalui survey atau melihat trend pasar.. “Terbayangkah biaya yang digunakan untuk itu semua??” <- ini adalah diluar biaya SDM
  2. Mengemas media cetak dalam bentuk yang menarik, mencetak desain “berapa biaya yang digunakan untuk mencetak tersebut?”
  3. Menyampaikan hasil yg telah dicetak itu kepada pembaca, “berapa biaya untuk distribusinya? Bagaimana untuk sinkronisasi waktu pembuatan? Waktu pengemasan? Waktu pendistribusian? Dan hingga waktu artikel itu sampai ketangan pembaca, maka berita yang dibaca telah basi.”

Bagaimana dengan Media Online?? Memang media online masih terdapat beberapa kelemahan, seperti :
  1. Tidak semua usia/latar belakang sosial dapat menikmati, dan
  2. Butuh fasilitas teknologi berjaringan internet (seperti : komputer, laptop, tablet, smartphone) untuk menikmatinya.

Tapi ayo kita coba lihat trend pasar media online saat ini :
  1. Stasiun TV “Stasiun TV mana yang tidak punya web??”
  2. Media cetak harian nasional “Harian mana yang tidak punya web??”
  3. Trend Sospol “Tokoh besar mana yang tidak punya blog?? Bahkan Presiden SBY sekarang punya akun twitter.”

Itu semua menunjukkan, kalau trend kedapan MEDIA ONLINE lah yang akan muncul MERAJAI media-media yang ada. “Hanya tinggal bagaimana cara kita memenangkan persaingannya..”


Kelebihan Media ONLINE :
  • Berita nya ter update dari media apapun
  • Hemat biaya produksi
  •  Pendistribusian mudah dan cepat hanya dengan sekali “KLIK”


Bagaimana caranya memenangkan persaingan dengan MEDIA berbasis ONLINE.

1.       MENGANDALKAN SEARCH ENGINE OPTIMIZER (SEO)

Search Engine terkenal untuk indonesia (Google/Yahoo/Bing) bukan sebuah web yang menyuguhkan berita yang dibutuhkan secara langsung, mereka hanya menyarankan web mana yang tepat untuk dikunjungi sesuai apa yang diminta penggunanya. Disinilah nanti SEO bekerja... SEARCH ENGINE OPTIMIZER (SEO) nantinya bertugas untuk  mensurvey keyword untuk bisa menjadi page/web yg disarankan oleh Google/Yahoo/Bing. Dengan begitu web kita akan muncul di search Engine dan apabila kita menjadi pemberita terupdate dan terekslusive maka nama web kita akan selalu tampil di urutan pertama.
“Nah.. Saat nama kita muncul di google di urutan pertama karena kita selalu terupdate dan terekslusive dalam pemberitaan, apakah  mencari pembaca masih menjadi masalah?”

2.       MENGANDALKAN SOCIAL NETWORK OPTIMIZER (SNO)

SOCIAL NETWORK OPTIMIZER (SNO) Dipegang oleh orang/tim yang menempati posisi sebagai Social Media Officer (SMO), orang atau tim ini yang nantinya  akan menjadikan semua konten yang ada di web kita menjadi trending topik diberbagai media2 jejaring social (sebagai contoh yang lagi trend: facebook, twitter, google+).
“Nah.. Semakin sering kita menjadi tranding topik.. maka rating web kita akan semakin menanjak naik dikarenakan semakin banyak dibaca oleh pengunjung web.”
Dengan melihat melihat tingginya rating kita melalui data statistik pengunjung, maka akan banyak broker iklan seperti google yang akan memberikan iklan  dengan bayaran perklik.
“Kalau sudah begitu, apa tampilan web kita akan sepi iklan?”
Diakuinya web kita dari data statistik ini lah nantinya akan menggaet perusahaan2 besar untuk berlomba lomba memasang iklan.. sampai ke titik ini lah kita akan merasakan SHARING PROFIT.


KUNCINYA :
  • Dapatkan pengunjung.
  • Dapatkan iklan dari para broker iklan online.
  • Dapatkan kepercayaan dari Advertiser offline.
  • Kembangkan peluang usaha lain, dengan menginduk pada media online yang kita bangun.

PERLU DIKETAHUI :
“Ribuan perusahaan menjadi member jobstreet.com untuk mencari pelamar kerja, dan masing-masing dari perusahaan itu membayar 1juta/bulan Cuma untuk memampangkan lowongan kerjanya. Dan jobstreet.com pertama kali muncul menghabiskan banyak dana untuk bisa promosi di detik.com, dan media online berita lainnya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar